Minggu, 08 November 2015

ROLEX OYSTER PERPETUAL REFF 6334

ROLEX ini disebut juga The Golden EGG , inilah ROLEX dengan lapisan micron emas tertebal sepanjang sejarah, yaitu 240 Micron. Asal mula mengapa dilapisi emas setebal itu adalah buntut dari persaingan antara ROLEX versus OMEGA di tahun 1950an, saat itu rekor apisan Micron tertebal dipegang oleh OMEGA CONSTELLATION dengan ketebalan emas sekitar 120 Micron. Untruk mematahkan hagemoni Omega Constellation inilah, The Golden Egg lahir, diluncurkan hanya untuk "US MARKET ONLY" membuat populasi ROLEX ini sangat sedikit, alasannya adalah bahwa saat itu ROLEX ini ternyata gagal untuk menyaingi Omega Constellation yang masih terus berjaya sampai dengan akhir 1960an (IMO). Jam ini saya datangkan sekitar tahun 2012, dititipkan pada seorang teman untuk membawanya dari USA ke Indonesia.
Selain ketebalan lapisan emasnya, apa yang membuat The Golden Egg ini spesial adalah, Dialnya yang berbentuk seperti Sarang Lebah (Honeycomb) dengan Style yang meniru Dial Rolex Explorer (dial dengan bentuk index berupa angka 3-6-9), Applied Logo ROLEX nya merupakan ciri Rolex Vintage sebelum Era 1960an. Disamping itu, bentuk Jarum nya yang seperti tombak (dauphine hands) menambah kesan classic yang dibawanya, dengan dihiasi  jarum detik berwarna biru yang bergerak smooth melintasi seluruh permukaan dial (sweep second).
Untuk urusan Strap (tali jam), saya mempercayakan kepada sebuah strap kulit cantik berwarna coklat yang terbuat dari bahan Kaki Burung Unta. Mungkin dahulunya Jam ini disertakan dengan Rivette Band dengan lapisan emas setebal 40 Micron, namun sepanjang pengetahuan saya, tipe rantai tersebut jarang sekali ada yang bertahan utuh, rata-rata lapisan micron nya telah rusak dan terkelupas sehingga sangat tidak layak untuk dipasangkan dengan jam yang cantik ini. Tappi menurut pendapat saya, sewaktu dibeli, jam ini memang memakai strap kulit, ini terlihat dari Case di bagian Reff number dan serial numbernya yang masih utuh tanpa goresan . Dulu sih harganya hanya USD 187.50- namun sekarang wallahualam coz ini adalah salah satu collector timepiece


Tidak ada komentar:

Posting Komentar