Minggu, 15 November 2015

OMEGA CALENDAR

Omega Seamaster Calendar
Movement : Omega Caliber 503
Case : 35mm SS
Dial : White Honeycomb Dial
Function : Date & Hour

Dahulu, pada umumnya jam tangan hanya memiliki satu fungsi, yaitu menunjukkan waktu saja. Sesuatu yang baru mutlak diperlukan sejalan dengan berjalannya sang waktu, tehnologi semakin maju dan kreasi tak mungkin menunggu.
Akhirnya, Omega merilis jam tangan dengan fungsi penunjuk waktu dan tanggal, Seamaster Calendar (umumnya jika menyebut Seamaster Calendar, maka orang akan mengasosiasikannya dengan movement caliber 503, meskipun pada seri lain seperti caliber 562 terkadang juga ada yang menuliskan text CALENDAR pada dialnya) ini adalah perintis jam dengan fitur tanggal.

Saya tidak tahu pasti sejarahnya mengapa kemudian jam dengan fungsi tanggalan tidak dilanjutkan sesaat, ada masa vacum sampai ke generasi movement berfungsi yang sama diluncurkan kemudian hari. Teori saya adalah : 
"Masyarakat lebih memilih jam dengan fungsi penunjuk waktu saja, karena pada saat itu masih belum ada fungsi QUICK SET DATE, akan sangat merepotkan jika katakanlah dalam dua minggu jam tersebut tidak di pakai , maka jempol mereka akan bengkak karena memutar jarum jam sampai sekitar 12 X 24 jam !!!"

Teori saya ini didukung oleh fakta, beberapa penggemar jam , sampai sekarang masih suka mempermasalahkan tanggalan yang terlambat atau tidak cocok dengan hari sewaktu jam dipakai. Pada umumnya mereka kurang banyak membaca, kalau jam yang saya pakai itu jam vintage yang masih berdetik walaupun dengan segala kerepotan dan permasalahannya.

Kalau memang mau sangat tepat waktu, hari dan tanggal..mending pake jam di HP sajalah karena fungsi jam tangan versi saya adalah kebutuhan akan cara berpakaian dan sekaligus teman dalam mengatasi segala permasalahan kehidupan sehari-hari, maklumlah...tak sepanjang waktu istri tercinta menemani keseharian, jadi memang harus ada sesuatu yang saya cintai juga sebagai penggantinya, dan tugas itu saya serahkan kepada dompet dan jam tangan.

Saat dompet sedang sakit-sakitan, setengah berbisik kepada teman satunya Saya sering mengucapkan selamat tinggal, karena demi mengobati sahabat karibnya maka jam tangan pun harus bersedia mengorbankan diri untuk menebus biaya perawatannya.
Beberapa kali juga, teman-teman saya itu menjadi pahlawan keluarga kami, saat sedang membangun rumah tempat berteduh, tatkala sebagian temannya dilepas dengan harga BU...mereka malah menghasilkan dana lebih daripada saat mereka Saya jadikan teman. Namun itu sangatlah jarang ha ha....

Udah ah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar