Senin, 07 Desember 2015

BUKU TENTANG JAM TANGAN

Bila memang ingin serius untuk meiliki pengetahuan tentang perjamtanganan, jamaklah kiranya jika kita mempelajari tentang Sejarah, bentuk case, movement ataupun semua hal lain yang bekaitan dengannya.

Dengan banyaknya Forum Jam tangan sekarang, otomatis mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya. Namun disisi lain, terdapat efek negatif juga dari adanya forum tersebut, kebanyakan orang menjadi malas belajar dan membaca, mungkin sudah ratusan posting/ tema yang penah saya baca yang isi nya kira-kira begini 

" Newbie numpang tanya, jam ini asli gak?, kira-kira kalau dijual/ mau dibeli harganya berapa yah?"

Sungguh ter...la...lu..., paling malas menanggapi pertanyaan-pertanyaan semacam demikian, usaha dulu kek...googling gambar, trus baca ...cukup via internet saja seharusnya bisa menjawabnya, kalaupun mau bertanya...lewat jalur pribadi tentu lebih beretika (lagi musim ngomongin etika).
Saya pikir, lebih baik jika postingan semacam itu, disertai dulu dengan opini kita terhadap jam tersebut (tentu saja setelah kita cari-cari refferensinya) baru didiskusikan di forum IMO.
Dahulu , sejak jaman baheulak saya telah sering mendengar istilah/ pameo Buku itu Cakrawala Ilmu Pengetahuan, jadi saya pikir gak ada rugi-ruginya untuk membeli 1 atau 2 buku tentang jam tangan jika anda ingin menjadi seorang Watchafficionado (agak berat untuk mengatakan Kolektor Jam).

Berikut buku-buku jam yang pernah saya baca, khusus untuk buku "ÖMEGA- A Journey Through Time", masih belum tamat, capek juga bacanya, paling hanya jadi Kamus Besar Peromegaan saja karena isinya lumayan kumplit, apalagi sangat sedikit refferensi tentang jam-jam yang terhitung vintage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar